Breaking News
recent

Lulus Kuliah, Kerja atau Lanjut S-2?

Ilustrasi: Shutterstock
Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Setelah lulus kuliah, fresh gradute akan dihadapkan dengan dua pilihan, yakni antara mencari kerja atau lanjut kuliah. Hal tersebut tak jarang membuat mereka merasa galau, bahkan membuat salah ambil keputusan.

Supaya tak salah langkah, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mempertimbangkan antara kerja atau kuliah.

Lakukan riset pada bidang keahlian

Sebelum mengambil keputusan antara sekolah atau lanjut kuliah, pertimbangkan dulu bidang keahlian dan pekerjaan yang diinginkan. Misalnya, apakah pekerjaan impianmu itu membutuhkan pendidikan yang lebih tinggi? Pikirkan juga persaingan, baik dalam mencari kerja maupun diterima di jurusan atau kampus yang diinginkan. Kemudian, lihat potensi dari gelar master, apakah bisa mengembangkan kariermu atau tidak.

Konsultasi

Saat merasa sulit ambil keputusan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berbagi dengan orang lain. Konsultasikan masalahmu kepada dosen atau profesor di kampus. Selain itu, dengarkan juga pengalaman dari para senior yang sudah bekerja atau memilih lanjut kuliah usai lulus. Semakin banyak mendengar pengalaman, kamu akan punya banyak pertimbangan sehingga tidak buru-buru dalam mengambil keputusan.

Analisis untung-rugi

Evaluasi keuntungan dan kerugian antara lanjut kuliah atau kerja. Pertimbangkan juga keuangan, apalagi jika kamu menggunakan biaya sendiri. Sesuaikan juga apakah kamu lebih butuh pengalaman kerja atau gelar yang lebih tinggi.

Kerja dan kuliah di waktu yang sama

Saat ini beberapa orang memilih kerja sambil lanjut kuliah. Beberapa kampus pun menyediakan program kelas malam atau akhir pekan bagi para mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Salah satu konsekuensinya, kamu harus pintar mengatur waktu karena hari-harimu akan disibukkan oleh tugas kuliah dan pekerjaan di kantor.
source: okezone.com
Teguh

Teguh

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.