Breaking News
recent

Ini Profil Kampus yang Menggelar Wisuda Bodong

Profil kampus yang diduga menyelenggarakan wisuda bodong. (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)
Profil kampus yang diduga menyelenggarakan wisuda bodong. (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)



JAKARTA - Belum lama ini, dunia pendidikan Indonesia digemparkan dengan wisuda bodong yang diselenggarakan Yayasan Aldiana Nusantara (YAN) di Kampus Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Banten.

Tak tanggung-tanggung, wisuda bodong tersebut diikuti ribuan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi, yakni Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telematika, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ganesha, serta Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Suluh Bangsa.

Lantas, seperti apa profil kampus-kampus yang diduga telah melakukan pelanggaran tersebut?

1. Yayasan Aldiana Nusantara (YAN)
Latar belakang Yayasan Aldiana Nusantara (YAN) bisa diakses melalui www.akparnusantara.ac.id. Berdasarkan informasi pada laman itu, lokasi kampus berada di Jalan Legoso Raya Nomor 31, Ciputat, Tangerang, Banten.
Pendiri YAN diketahui bernama Dr H Alimudin Al-Murtala, MM MPd. Yayasan ini mengelola delapan perguruan, yaitu SMP Nusantara Plus, SMA Nusantara Plus, SMK Nusantara I, SMK Nusantara II (Kesehatan), Akademi Pariwisata Nusantara (AKPAR Nusantara), Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telematika, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ganesha, dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Suluh Bangsa. Dalam website tersebut, dijelaskan bahwa salah satu perguruan YAN, yakni Akademi Pariwisata Nusantara (AKPAR) memiliki sertifikat Akreditasi B.

2. Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telematika
Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telematika beralamat di Jalan Legoso Raya, Pisangan, Ciputat, Tangerang, Banten. Saat ditelusuri melalui internet, tidak ada informasi yang jelas mengenai keberadaan perguruan tinggi tersebut.

3. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT)
Sama halnya dengan Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telematika, saat ditelusuri, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) juga tidak memiliki laman resmi layaknya universitas pada umumnya. Tidak diketahui secara jelas juga program studi yang ditawarkan serta kegiatan para mahasiswanya.

4. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ganesha Ciputat
Sekolah tinggi yang beralamat di Jalan Tarumanegara Dalam Nomor 1, Ciputat, itu merupakan salah satu perguruan yang dikelolah oleh YAN. STIE Ganesha memiliki website berbentuk blog yang bisa diakses melalui www.ganesha-stie.blogspot.co.id.
Dalam laman STIE Ganesha disebutkan, Ketua Yayasan Aldiana Nusantara kini dijabat Dra Hj Rosdiana, SE MPd, istri dari Alimudin Al-Murtala, yang merupakan direktur sekaligus pendiri Perguruan YAN.

5. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Suluh Bangsa
Saat ini, status STKIP Suluh Bangsa berdasarkan PDPT sedang nonaktif. Sehingga, seharusnya kampus tersebut tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran, apalagi wisuda. Dalam PDPT juga tertulis ada 90 mahasiswa dan lima dosen tetap. Kampus tersebut diketahui beralamat di Gedung D YAN, Jalan Legoso Raya Nomor 31, Ciputat.

Source: okezone.com


Teguh

Teguh

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.