Breaking News
recent

UKM Terbaik untuk Maba

Kegiatan ekskul bisa membantumu meningkatkan berbagai kemampuan profesional. (Foto: Madah Bahana UI)
UKM bisa membantumu meningkatkan berbagai kemampuan profesional. (Foto: Madah Bahana UI)

.

SETELAH beberapa minggu, akhirnya para mahasiswa baru (maba) bisa menyesuaikan diri dengan perkuliahan. Kini, saatnya aktif di kampus dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler.
Unit Kegiatan Mahasiswa ini tidak hanya memberi kesibukan di luar perkuliahan, tetapi juga pengalaman yang dapat membantu kemampuan profesional. Nah, langkah ini membantumu memilih UKM terbaik yang dapat meningkatkan nilai jual pada CV-mu nanti.

Kegiatan sesuai jurusan
Banyak unit kegiatan mahasiswa (UKM) atau organisasi yang sejalan dengan jurusan kuliah. Di sini, kamu bisa mengombinasikan pengetahuan dari kelas dengan praktik guna mengeksplorasi pilihan karier. Misalnya, mahasiswa Ilmu Komunikasi bergabung dengan UKM jurnalistik, mahasiswa FMIPA bergabung dengan UKM riset, dan sebagainya.

Pengalaman UKM ini akan memikat rekruter karena melihatmu sebagai kandidat pegawai yang mengejar minat karier di luar perkuliahan dan gigih mengasah keterampilan praktis sejak dini.

UKM buatan sendiri
Jika tidak menemukan UKM yang menarik minatmu, kenapa tidak membuat UKM baru?
Kegiatan ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang berani mengambil inisiatif. Tentu saja, kamu perlu memperhatikan syarat pembuatan UKM baru di kampus.

UKM yang kamu pimpin
Jangan cuma jadi anggota biasa, belajarlah untuk menjadi pemimpin pada sebuah UKM di kampus. Pengalaman ini akan meningkatkan kemampuan kepemimpinanmu dan membuat CV-mu terlihat lebih menarik. Selain di UKM, kamu bisa juga aktif memimpin berbagai kegiatan atau proyek di kampus.

Sukarelawan
Banyak juga klub di kampus yang mengajak mahasiswa bekerja sebagai sukarelawan. Kerja sebagai sukarelawan sendiri tidak mudah. Namun pengalaman profesional yang bisa kamu dapatkan cukup banyak. Selain itu, pengalaman menjadi sukarelawan juga bisa mengesankan rekruter saat kamu mencari kerja.

Jadi, apa UKM pilihanmu?
source: okezone.com 
Teguh

Teguh

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.